Sunday, 3 November 2013

Gebby Pareira - Perjalanan Karier (1992-2007)


Prakata

Alhamdulillaahi rabbil ‘alamin
Saya merasa bahagia dan bersyukur sekali memperoleh kekuatan untuk membuat profile ini semoga Allah memberkahi dan meridhoi.


Ya Tuhanku
 berikan aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu
yang telah Engkau anugerahkan kepadaku
dan kepada kedua ibu bapakku
dan untuk mengerjakan
amal sholeh yang Engkau ridhoi
serta masukkanlah aku dengan rahmat-Mu
 kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang sholeh

 (Qs. Al-Naml : 19)

Profile ini saya buat sebagai ungkapan Terima Kasih saya kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan berjasa dalam perjalanan hidup dan karir saya.

Semoga Profile ini bisa menjadi bahan inspirasi dan referensi bagi pembacanya.

~Gebby Pareira~
Tentang Aku
Gebby Conita Pareira lahir di Jakarta pada tanggal 16 Februari 1978 sebagai anak bungsu dari dua bersaudara. Kedua orang tuaku H. Moch Dahlan dan Hj. Juarsih adalah yang menurunkan darah seni sehingga aku bisa menjadi seorang entertainer seperti sekarang ini. Dukungan dan pengorbanan untuk menjadikan aku  seorang penyanyi tidaklah mudah, penuh perjuangan dan air mata tapi aku menganggap semua itu adalah sebagai rangkaian perjalanan untuk meraih kesuksesan.

Perjalanan Karirku
Awal perjalanan karirku    dimulai tahun 1988 sebagai penyanyi pop di sebuah Group musik bernama ManRos Band. Selama tiga tahun bergabung banyak pengalaman yang aku peroleh mulai dari belajar vocal sampai pentas di atas panggung. Tahun 1991 aku berusaha pindah aliran musik dari musik pop ke musik Dangdut yang pada awalnya membuat aku merasa canggung karena tidak terbiasa dengan cengkokkan vocal dangdut yang menurutku cukup sulit, bersyukur ada orang yang bersedia mengajariku yaitu Budi Bulloh.
Album pertamaku yang dirilis adalah Tak Bisa Goyang diproduksi oleh Virgo Ramayana tahun 1992 memang album ini tidak tergolong sukses tapi aku tak menyerah tahun 1994 kembali mengeluarkan album kedua Pembaringan Terakhir diproduksi oleh Bragiri Record alhamdulillah album ini banyak mendapat sambutan dari masyarakat luas, hal itu yang membuat aku tambah yakin untuk terus berkarya di jalur Dangdut dan menjadi  pilihan sebagai profesiku . Tahun 1995 sampai 2000 aku bergabung di MSC Record dan banyak album yang dihasilkan seperti Rembulan & Kenangan, Kemana Dimana, Cinta Beracun, Rela, Hati yang Terluka dan album bersama dengan S. Achmadi, Ida Laila, Ikke Nurjanah, Andryan S serta artis ibukota lainnya.

Tahun 2000 bersamaan dengan kesibukanku yang padat di dunia dangdut aku berhasil menyelesaikan pendidikan formal S1 dengan meraih gelar sarjana ekonomi dari Universitas Gunadarma.

Karena padatnya kegiatan show Off Air membuatku cukup lama tidak mengeluarkan album rekaman hingga tahun 2006 aku bekerja sama dengan Gas Production dan  melahirkan 3 album berturut-turut di tahun 2007 yaitu Gugat Cerai, Ijab Qabul dan Pembaringan Terakhir dengan aransemen baru dan berharap  semoga dapat  mengulang  sukses kembali.
Seperti kebanyakan artis yang lain, sempat namaku dirubah oleh produser dengan dalih agar lebih populer dari Gebby Pareira menjadi Githa Pareira. Hal tersebut sempat membuat bingung para penggemar tapi perubahan itu tidak berlangsung lama, kini aku mantap untuk tetap memakai nama asli dalam karirku.
























Diluar jalur rekaman aku cukup aktif mengisi kegiatan di radio-radio  dan  aktif juga mengisi acara sebagai bintang tamu di semua stasiun TV nasional maupun lokal sejalan dengan show-show yang dilakukan.

Untuk kegiatan show Off Air aku telah melakukan banyak show hampir di seluruh propinsi di Indonesia dan diluar negeri seperti Malaysia  dan Brunei Darussalam  baik itu dilaksanakan oleh Event Organizer sebagai ajang promosi suatu produk ataupun event-event lain seperti PILKADA. Khusus untuk pilkada, bersama dengan management-ku, aku juga sering ditunjuk sebagai coordinator hiburan untuk menangani program kampanye pemilihan bupati atau gubernur di beberapa daerah seperti di wilayah Indonesia Timur dan Sumatera. Alhamdulillah dari beberapa event pilkada yang aku tangani berhasil membuat calon yang aku dukung memenangkan pilkada tersebut.

Tak ketinggalan pula aku meramaikan dunia sinetron salah satunya Biang Kerok di Indosiar  tahun 1997, Pepesan Kosong di TPI, MandraGade di RCTI tahun 2000, Konglomerat Mujur di TPI tahun 2002. Alhamdulillah tahun 1997 aku mendapat kesempatan menjadi presenter untuk beberapa episode acara Dangdut Ria di Indosiar.

Selain menyanyi aku juga mencoba menciptakan lagu karya sendiri dengan banyak bertanya, mendengar dan belajar. salah satu karyaku yang berhasil menjadi lagu andalan adalah Rembulan & Kenangan. Menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bila terlahirnya sebuah karya bisa dinikmati oleh banyak orang.
Alhamdulillah tahun 2003-2005 aku diberikan kepercayaan oleh TPI selama tiga tahun berturut-turut untuk menjadi juri Audisi KDI I, II dan III begitu juga oleh Indosiar aku diberi kesempatan untuk menjadi Pelatih Vocal Putri Kondang In I bersama Hamdan ATT tahun 2005. Aku ikut senang sebagai insan dangdut dengan banyaknya stasiun TV membuat acara ajang kontes dangdut, hal ini akan menjadikan motivasi bagi penyanyi dangdut pemula sebagai asset penerus dunia dangdut Indonesia yang dapat memberikan warna dangdut menjadi lebih baik lagi. 

Tahun 2006, aku bersama artis-artis dangdut yang lain juga terlibat dalam proyek pembuatan album kompilasi karya cipta Dorce Gamalama yang mendapat penghargaan dari rekor MURI. Walaupun  bukan berorientasi pada keuntungan materi, aku cukup senang bisa membantu sesama seniman  untuk berprestasi dan berkarya dalam memajukan musik dangdut di tanah air seperti apa yang dilakukan Dorce, terima kasih Bunda.
Kegiatan lainku
Kepulanganku dari menunaikan ibadah Haji tahun 2003 menambah rasa keimananku kepada Allah SWT aku berusaha memperbaiki diri untuk dapat berbuat yang lebih baik lagi dan semoga aku dapat membawa manfaat bagi banyak orang. Kecintaanku kepada anak-anak membuat hatiku selalu merasa prihatin  akan nasib anak- anak yang kurang mendapatkan perlindungan dan kasih sayang dari lingkungannya. Ingin rasanya aku dapat memberikan yang lebih dan menjadi penyanggah derita mereka. Sudah 5 tahun ini aku dibantu teman-teman yang peduli mendirikan Majelis Ta’lim yang bernama Rhoudotul Aitam, yaitu sebuah perkumpulan anak-anak yatim yang memberikan pengajaran dibidang keagamaan serta memberikan santunan pendidikan bagi mereka. Memang tidak mudah mengelola lembaga yang membutuhkan konsentrasi dan biaya yang cukup besar tapi aku tak menyerah aku berusaha untuk bisa menyisihkan penghasilanku untuk kelangsungan pendidikan mereka dan aku yakin Allah akan memberikan jalan bagiku untuk tetap istiqomah dalam menjalani peran tersebut.  
Selain itu 150 orang janda tua yang juga mengharap perhatian tak luput dari pikiranku, bagaimana kiranya dapat memberi sedikit senyuman untuk hatinya yang lama gundah. Kalaupun ada, sudah 10 tahun ini aku hanya bisa mengumpulkan mereka setiap saat lebaran tiba dengan bersilaturahmi dan memberikan  sedikit rejeki yang aku punya. Saat ini aku aktif sebagai penceramah dibeberapa majelis ta’lim dalam rangka syiar agama Islam dan aku aktif juga sebagai  pengajar sebuah Taman Pendidikan Quran Nurul Ikhsan yang kini santrinya berjumlah 200 orang, banyak pelajaran yang aku dapat mulai dari ilmu agama sampai ilmu psikologi tentang bagaimana cara mendidik anak  di usia dini, hal ini akan aku terapkan untuk buah hatiku kelak. Aku juga aktif mengikuti pengajian bersama teman-teman artis di Majelis Ta’lim Ar Rahman yang dipimpin oleh Hj. Fitria Elvie Sukaesih. Keinginanku untuk terus mencari ilmu terus mengalir  sebagai aktifis pengelolaan sampah mandiri bersama Drs.EC Sri Endah Nurhayati yang terus berusaha untuk merubah pola pikir masyarakat tentang arti penting sampah.
Kebahagiaanku

Lengkaplah kini hidupku dengan kehadiran seorang lelaki yang begitu amat mencintaiku Agung Marsudi yang dengan motivasi dan supportnya membuat aku terus melangkah menapaki karir dan kehidupan berkeluarga. Dalam hati aku terus berdoa semoga pernikahanku selalu diselimuti kebahagiaan, saling percaya dan toleransi walaupun itu saja tidaklah cukup tapi dengan keyakinan aku berusaha untuk selalu  menjadikan keluargaku Sakinah, Mawadah dan Warahmah.


Begitu baiknya Allah kepadaku ditambah lagi nikmat yang luar biasa dengan memberikan aku seorang putri mungil permata hati yang membuat aku sempurna sebagai seorang wanita dengan kehadiran putri             tercinta
Ghayatta Nadirre    Anjallie
yang melengkapi kebahagiaanku. Semoga aku diberi kekuatan dan kesabaran untuk menjaga amanah terbesar yang Allah titipkan kepadaku.



 
Terima Kasihku
Kel. R. Soeprapto ManRos Band ●Budi Bulloh IntanSyah Group● Jambul Dinyta Group●H. Mursalih AMS Group●Soegianto ●Yodi Soendana ●Satiri●Virgo Ramayana● H. Ukat S●Binsar Silalahi Bragiri Record● Andolin Sibuea●Ganda GZ●Harry Sukamto ● Ariesta ● Yayang S● Alm. S. Achmadi● Ida Laila●Ikke Nurjanah●S.Pry Keyboard● Irwan●Ary Wibowo ●MSC Record●Paku Maheswara Record ●Hadi HPRecord●Mahkota Record●Musica Studio●T.Tjandra GAS Product ●Yonas Studio●Dik Doang●Cemerlang● Freeze Frame●Cantika Studio●Iin Marlina●Agus AR● Gerry Gutawa● Ellya Khadam● Zakaria ●Awab Purnama●Dorce Gamalama● Merci●SPFM●Muara●POPFM●Elgangga●RadioDangdut TPI● Bens Radio● Dahlia●Cosmo●Merci ●CBB ●El Mitra● Sekar Bagus● Zora● Megaswara●TVRI●Indosiar●TPI●RCTI●SCTV ●Lativi●ANTV●GlobalTV●TransTV●Trans7●MTV●CtvBanten ●YogyaTV●StvBandung●JTVSurabaya●AliShahab●GemilangProd●Beib Benyamin BBB Prod●Mandra Viandra Prod ● Alm. Bembeng●Asril●KaYosy●KaMetty●Memet MMT Studio●Mr.T Tantan ● Mitta ●Diah●Ibu Desty Twin Enterprise ● Ramayana ●Bank Mandiri Syariah● BNI● Ridwan BAE Bupati Muna●H. Sukarmis Bupati KuanSing●Marwan Yohanis Ketua DPRD KuanSing● Supriatna Ketua DPRD Tamiang Layang● Rusly Zaenal Gubernur RIAU ●Ary Ginanjar Agustian ESQ Power● MayJend Syamsul Mapparepa PangdamBrawijaya●Sarifuddin  Kostrad●Toto Aryo ●Rhoma Irama●Meggy Z●Hamdan ATT● Nazar Amir●Camelia Malik●Iis Dahlia●Non Stop●Pos Kota● Rakyat Merdeka ●Lampu Merah●Kompas ●Jawa Pos● Ety Bacheta●StefanusHamy●Ando●Coenrad●Wage●Rumah Mode Yani’s●teman2 KDI●teman2 KondangIn●Acan Rahman●Dedy Puja●Aa Gym●Habib Fahmi●Aki Darso●Ust Inyong●Ida●Sri● Lala●Yuni●Maria●papa●mama● Idieth ●Ghayatta●