Saturday, 3 August 2013

Evie Tamala - 30 Tahun Suara Cinta (2013)


30 TAHUN SUARA CINTA EVIE TAMALA
Tak mudah menjadi seorang artis terkenal yang dipuja banyak penggemar. Bakat, ketekunan, kesabaran, dan pantang menyerah merupakan modal utamanya. Hal itulah yang dulu dimiliki Evie Tamala, saat mulai meniti karier mewujudkan impiannya menjadi pedangdut terkenal seperti sekarang ini.
 
Meski bakat dan talenta Evie Tamala sebagi penyanyi sudah eksis sejak dirinya duduk di bangku SD kelas dua, namun hal tersebut tidak lantas membuatnya mudah untuk menjadi seorang penyanyi terkenal. Apalagi Evie (panggilan pendeknya) ketika kecil tinggal di sebuah desa, yang menambah mempersulit menjadi penyanyi profesional. Meski demikian hal itu tidak membuatnya patah semangat, untuk mewujudkan impiannya itu, pada tahun 1980 ia mencoba bergabung dengan sebuah grup Orkes Melayu (OM) Sinar Remaja, yang ada di kota Tasikmalaya. Sebagai biduanita Orkes Melayu yang ada di daerah, maka panggung-panggung hajatan (kenduri) warga atau Agustusan menjadi menu keseharian wanita pemilik nama asli Cucu Suryaningsih ini. Job belia waktu itu menyanyi pada pesta kenduri, baik pernikahan maupun sunatan. Para penggemar saat itu memanggil saya Uce Arfina. 

Hari berganti hari, minggu berganti minggu dan bulan berganti bulan. Setelah panggung-panggung hajatan warga menjadi menu kesehariannya, bersama OM Sinar Remaja ia lantas berkesempatan mengisi sebuah acara di kawasan Bandung, Jawa Barat. Nasib baik seolah sedang menyebelahinya, suaranya yang merdu saat memdengdangkan sebuah lagu dangdut, membuat Muchtar B, seorang pencipta dan juga produser yang kebetulan ketika itu sedang hadir menjadi kepincut. Kemudian, wanita  yang kini kerap mengenakan kerudung itu direkrutnya untuk masuk dapur rekaman, namun sayang hasil rekamannya mengecewakan. Bahkan kasetnya saja tidak beredar di pasaran. Sungguh malang nasib penyanyi pedesaan tersebut. Rasa kecewa Evie Tamala bertambah ketika dia ditolak untuk tampil dalam acara ‘Aneka Ria Safari,’ salah satu program acara hiburan di TVRI, lantaran namanya kurang begitu komersial. “Waktu itu saya menggunakan nama Uce Arifina, karena menurut pordusernya nama tersebut kurang komersil, saya akhirnya ditolak,” ungkap wanita kelahiran Tasikmalaya 23 Juni 1969 ini. 

Penolakan tersebut sempat membuat hati Evie pesimis akan masa depannya yang sudah dirintis dengan susah payah. Namun sebagai orang yang pertama kali mengajak Evie masuk dapur rekaman, Muchtar B merasa bertanggung jawab.
Dukungan serta motifasi untuk tetap semangat, kemudian dia mencoba kembali. Karena kegagalan itu adalah sebuah sukses yang tertunda. Alhasil semangat yang dimiliki Evie pada tahun 1988, berhasil menelorkan album keduanya, dengan lagu ‘Tang Ting Tong Der.’ Ciptaan Muchtar B, direkam di atas pita MSC Records.

Sepertinya usaha Evie kembali sia-sia, karena dengan peluncuran album keduanya tersebut, belum juga berhasil mengangkat nama Evie Tamala di belantika musik dangdut. Setahun kemudian Evie mencoba kembali untuk meluncurkan album ketiganya dengan judul ‘Dokter Cinta.’ Hasilnya, lagu tersebut laris di pasaran dan membuat nama Evie Tamala terkenal dimana-mana. Ada yang bilang itu karena video klipnya menyertakan Doyok yang bertingkah jenaka dengan keluwesan tubuhnya. Beliau merasa bersyukur dengan larisnya album ketiga beliau, bahkan bisa membeli mobil dari hasil penjualan kaset tersebut. Memang semua itu membutuhkan proses, dan penuh per juangan yang mengharu birukan.

Itulah perjalanan karier Evie Tamala dari tahun 1983 sampai dengan eksis di tahun 2013 ini selalu menuai sukses. Meski industri musik DANGDUT sedang lesu, namun Diva Dangdut ini terus berkarya dan membangkitkan gairah industri musik DANGDUT, musik rakyat yang tidak dimiliki negara manapun kecuali Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Artis            : EVIE TAMALA
Arransemen : MONETA BAND (IMRON SADEWO), HENDRY LAMIRI, 
                    ARIEF   ISKANDAR
Produser      : Evie Tamala
Prod.           : Evieta Pro/Sandi Records 

Track List:
* TERIMA KASIH CINTA, cipt. Evie Tamala
* DIKAU
, cipt. Evie Tamala
* NESTAPA FEAT IMRON SADEWO
, cipt. Evie Tamala
* PERMATA HATI
, cipt. Evie Tamala
* CRING-CRING, cipt. Suto Pranto
* BESARNYA KASIH SAYANG
, cipt. Evie Tamala
* AKHIR SEBUAH CERITA
, cipt. Evie Tamala/Friez Arsudi
* BUKAN SEKEDARKATA
, cipt. Evie Tamala
* KU TERPEJAM
, cipt. Evie Tamala/Puji Rahaesita
* DOA CINTA
, cipt. Evie Tamala
* KASIH TERINDAH
, cipt. Evie Tamala


*album ini terbaru dan promo, dapatkan segera VCD-nya...blog ini masih ada sisa beberapa keping VCD orginalnya. Bagi yang membutuhkan segera hubungi admin blog ini, terima kasih.


LIRIK LAGU

T3RP3J4M

Ku terpejam
Ku terdiam
Ku tenggelam sendiri di kesunyian

Ku terkenang
Ku terbayang
Ku teggelam sendiri di kerinduan

Ku terlena
Ku terbuai
Ku tenggelam sendiri di angan-angan

Pertemuan
menghadirkan
perasaan yang begitu mendalam

Reff:

Betapa ku menyadari siapa diriku
tiada berarti dan berharga bagimu
Betapan betapapun ku mendambakanmu
tiada, tiada layak ku bagimu

Tiada sepadan diriku dengan keberadaanmu
Biarlah cukup bagiku memujamu***

K451H T3R1ND4H

Cintamu kasihmu sayangmu
mesramu doamu padaku
selalu menemani diriku
selalu menyertai langkahku
di siang dan di malam-malamku

Cintaku kasihku sayangku
mesraku rinduku selalu***

Reff:

Tiada yang seperti dirimu
menyayangi dan mengasihi
begitu pula dengan diriku
segenap jiwa raga untukmu


BUK4N 53K3D4R K4T4

Indah sungguh terasa
kata-kata nan mesra
penuh rayu dan manja
membelai membuai rasa

Saat-saat pertama
cinta getarkan jiwa
semua tampak indah
semua tampak sempurna

Reff:

Namun pada akhirnya
kecewa yang dirasa
namun pada akhirnya
membasah air mata

cinta untuk selamanya
bukan sekedar kata
cinta diciptakannya
bukan untuk derita

T3R1M4 K451H C1NT4****

Saat yang paling indah adalah denganmu
Kasih yang paling mesra adalah kasihmu
Yakin tak ada sayang sebesar sayangmu
Yakin tak ada cinta seluas cintamu ***

Kenangan bersamamu tiada terlupakan
Kehadiran dirimu tiada tergantikan
Engkau menyayangiku penuh ketulusan
Kau yang mencintaiku dengan keikhlasan

Kau minta kepada-Nya
Yang terbaik bagiku
Kau relakan s'galanya
demi kebahagiaanku ***